Diet sehat dan alami yang kalian harus coba!

See the source imageSetiap orang menginginkan tubuh ideal dengan berat badan yang ideal juga tentunya. Bagi sebagaian orang yang memiliki berat badan yang tidak normal atau tidak ideal, biasanya mereka akan melakukan diet. Diet memang merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan, tetapi ada sebagian orang yang melakukan diet tidak sehat dengan mengonsumsi obat diet berbahan kimia dan tidak menerapkan diet sehat sehingga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit. Ternyata ada cara diet alami dan aman untuk dilakukan tanpa ada efek samping. Bagaimana cara diet yang sehat?agar tidak terjadi kesalahan yang malah membuat tubuh kamu kurang nutrisi.
ini
Orang yang tidak paham tentang cara diet sehat dan alami menurunkan berat badan biasanya melakukan beberapa kesalahan di bawah ini:
  1. Sengaja melewatkan makanan utama, padahal cara ini akan cenderung membuat kamu mengemil makanan-makanan ringan di sela waktu makan utama.
  2. Menyepelekan kandunan makanan ringan, padahal ada beberapa cemilan yang jumlah kalorinya tidak disangka banyak. Jadi jangan lupa memeriksa label nutrisi sebelum ngemil.
  3. Mengonsumsi minuman yang mengandung kalori banyak, niatnya memang menghindari makanan berkalori tinggi dan beralih ke minuman manis seperti kopi dengan krim ataupun minuman soda. Padahal minuman-minuman semacam itu jumlah kalorinya tidak kalah dibandingkan dengan makanan yang berusaha kamu hindari.
  4. Kurang mengonsumsi air putih karena mengira hal itu justru akan membuat gemuk, padahal air mineral penting untuk meningkatkan metabolisme.
  5. Menetapkan target berat badan turun yang tidak realistis, contohnya niat mengurangi berat badan 5 kilogram seminggu. Hal ini malah akan memicumu untuk melakukan segala cara agar berat badan turun termasuk cara diet tak sehat. Akhirnya kamu bisa stress dan makan lebih banyak.
Ini lah berikut beberapa cara diet alami dan cepat menurunkan berat badan:
1.MENENTUKAN TARGET
  Target-target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal untuk penurunan berat badan, contohnya jika kamu suka ngemil gorengan, mulai sekarang niatlah untuk berhenti atau mengurangi camilan gorengan tersebut.
2. MENGKONSUMSI BANYAK AIR PUTIH
Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.
3. OLAHRAGA
Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau olahraga lainnya. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang dalam tubuh dengan cepat.
4. MENGKONSUMSI MAKANAN YANG DAPAT MEMBAKAR LEMAK DALAM TUBUH
Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh secara cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga:
  • Buah berry: Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  • Telur: Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.
  • Yogurt: Yogurt meryupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.
  • Teh hijau: Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat maka konsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.
5. HINDARI MAKANAN YANG MENGANDUNG PENGAWET DAN INSTAN
Begitu banyak makanan dan minuman yang kini diproduksi oleh industri, di mana produksi dilakukan secara masal, proses produksi yang panjang memerlukan waktu yang lama untuk sampai pada konsumen. Hal ini menyebabkan makanan dan minuman tersebut membutuhkan bahan pengawet. Mulailah untuk menggunakan bahan pangan alami dan tidak memakan yang instan seperti junkfood.
Cara hidup sehat lain yang bisa Anda lakukan adalah berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika Anda berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, artritis, atau penyakit jantung
6. ISTIRAHAT YANG CUKUP
Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur Anda terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan music dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.
NAH! itulah cara hidup sehat yang dapat dengan mudah Anda lakukan. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan Populer